Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Posted on by Alex

Karir Sepak Bola Mehmet Topal

Karir Sepak Bola Mehmet Topal

Karir Sepak Bola Mehmet Topal

Mehmet Topal adalah seorang pemain sepak bola professional yang memiliki kewarganegaraan Turki. Pemain professional Turki ini dilahirkan disebuah kota bernama Malatya. Tepatnya ia lahir pada tanggal 3 Maret 1986. Mehmet Topal tumbuh besar menjadi seorang penggemar sepak bola dan ikut bergabung bersama klub muda Malatyaspor pada 1999. Pemain asal Turki ini memiliki tinggi badan mencapai 187 senti meter. Kini, ia berada dibawah naungan tim Fenerbahce dengan nomor punggung 5. Bicara soal awal karirnya, setelah 3 tahun ditempa di Malatyaspor, Mehmet Topal muda memutuskan untuk bergabung dengan klub Dardanelspor untuk dua musim terhitung sejak 2002 sampai tahun 2004 sebelum akhirnya ia diturunkan untuk membela skuat senior Dardanelspor untuk dua musim selanjutnya.

Disana ia ditempa terus-terusan untuk menjadi seorang pemain sepak bola professional yang membanggakan. Dalam 42 penampilannya, Mehmet Topal berhasil mencetak 4 buah gol. Kemampuan yang dimilikinya itu menarik perhatian klub Galatasaray. pada musim transfer 2006 klub ini berhasil menggaet Mehmet Topal untuk 4 musim bersamanya. Dalam 82 penampilannya, ada sekitar 3 gol yang ia berhasil lahirkan. Ketika kontraknya dengan Galatasaray telah habis, Mehmet menandatangani kontrak dengan Valencia. Di Valencia, ia membela klub tersebut untuk dua musim sejak 2010 hingga 2012. Mehmet berhasil membuahkan sebuah gol dari total 43 penampilannya bersama klub.

Mehmet Topal menandatangani kontraknya dengan Valencia pada 12 Mei 2010 dengan harga transfer sekitar 5.5 juta euro. Harga yang cukup tinggi. Bersama Valencia, Mehmet Topal mencetak gol pertamanya di Sporting de Gijon pada 25 September 2010. Dua tahun kemudian, Topa memutuskan untuk pindah ke Fenerbahce SK dengan harga transfer sebesar 2 juta euro. Pemain yang mempunyai julukan “laba-laba” ini memukau para penonton dan penggemar dengan keahliannya menggunakan kakinya yang panjang untuk mengambil bola yang lepas atau memotong operan. Dengan skill unik tersebut, dulu di UEFA Euro 2008, manajer Fatih Terim memilihnya untuk ikut memperkuat tim nasional Turki saat itu, dimana ia tampil secara keseluruhan pada kualifikasi di Austria dan Swis.

Beberapa bulan silam, ia pernah dikabarkan menjadi incaran mangsa klub-klub besar Liga Premier Inggris seperti Chelsea dan City. Meskipun liga Inggris akan menjadi sebuah peluang besar bagi keberlanjutan karir sepak bolanya, ia masih merasa nyaman pada klubnya yang sekarang dan belum berencana pindah kesana dalam beberapa waktu dekat ini. Selain itu, Topal juga pernah menjadi sasaran tembak seorang teroris pada tahun 2015 silam. Dimana mobilnya ditembaki ketika menuju rumah selepas berlatih bersama Fenerbahce di Istanbul. Teror itu gagal melukai Topal dan Topal beserta pelatih Fenerbahce menyatakan aksi teroris itu sangat tidak beradab.

Terlepas dari musibah dan rumor-rumor yang kerap terbang kearahnya dan hinggap ketubuhnya, Mehmet Topal adalah salah satu pemain Turki yang sangat berbakat dan memiliki kemampuan bermain bola yang dapat terus dikembangkan. Dengan sifatnya yang tidak mau menyerah begitu saja, Topal dinilai memiliki kemauan yang tinggi untuk menjaga karirnya tetap dipuncak. Apakah dirinya akan kembali ditunjuk oleh sang pelatih untuk turun memperkuat skuat nasional Turki seperti Euro 2008 silam? Apapun jawabannya, ya atau tidak, yang jelas Topal adalah pemain bola jenius yang mau bekerja keras berlatih dan meningkatkan teknik sepak bolanya kearah yang lebih baik lagi di masa depan nanti.